Kamis, 15 Maret 2012

Tubuh Kita Juga Butuh Perhatian

Sinyal sakit pada tubuh bukan hanya berupa sakit tenggorokan, hidungtersumbat, pusing, atau demam. Tapi, masih banyak sinyal lain yang nggak kitasadari. Bahkan kadang dicuekin dengananggapan akibat kurang istirahat atau kelelahan. 
Padahal, selalu adakemungkinan kita ‘menyimpan’ penyakit tertentu, tuh, termasuk penyakit berat.

Sinyalnya: Kaki mendadak kram saat tidur
Jangan-jangan: Gangguan pembekuan darah
Penyebab: Dehidrasi ringan akibat kurang mengonsumsi cairan, terutama air putih    
Atasi: Konsumsi air putih minimal 7-8 gelas per hari dan makanan yang mengandung kalsium dan kalium tinggi, seperti pisang dan susu. 


Sinyalnya: Bibir kering dan pecah-pecah
Jangan-jangan: Tulang rapuh atau pembengkakan hati
Penyebab: Kelebihan vitamin A
Atasi: Kebutuhan vitamin A yang direkomendasikan adalah 800 mkg per hari. Lebih dari itu dapat menyebabkan mual dan tulang rapuh. 
Nah, sebelum membeli suplemen, jangan lupa cek komposisi vitaminnya. Tapi sebaiknya, sih, pilih sumber vitamin A dari bahan alami, seperti wortel dan tomat.

Sinyalnya: Warna kuku pucat, terutama saat ditekan. 
Jangan-jangan: Anemia
Penyebab: Kekurangan zat besi
Atasi: Anemia akan membuat tubuh cepat lelah bahkan hingga sesak napas. Konsumsi makanan yang bervariasi agar tubuh kita kaya gizi terutama zat besi. Pilih makanan sehat, seperti telur, kacang merah, daging merah, serta rutin mengonsumsi vitamin C. 

Sinyalnya: Jari tangan bengkak atau kebas
Jangan-jangan: Tekanan darah tinggi
Penyebab: Konsumsi garam berlebih
Atasi: Konsumsi garam jangan lebih dari 6 gram atau 1 sendok teh sehari. Hindari makanan bergaram tinggi seperti keripik dan kentang goreng. Cek tekanan darah Anda secara rutin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar